Sosialisasi dan Pelatihan Skrining Status Imunisasi bagi Petugas Imunisasi dan Guru PAUD




Bima," Pilarbima.Con,-
Kabupaten Bima, 26 September 2024 - Dinas Kesehatan Kabupaten Bima yang di suport oleh Unicef melalui Organisasi Profesi IAKMI, menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Skrining Status Imunisasi bagi Petugas Imunisasi dan Guru PAUD. Acara ini berlangsung pada hari Kamis, 26 September 2024, bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Bima.

Kegiatan ini dihadiri oleh 56 peserta yang terdiri dari Pengelola Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten  petugas imunisasi  di 17 Puskesmas  Kabupaten Bima, dan guru PAUD di 10 Kecamatan. Narasumber dalam acara ini berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi NTB dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bima.

Tujuan utama dari pelaksanaan kegiatan ini adalah Meningkatkan kapasitas Tenaga Imunisasi Puskesmas dan guru PAUD dalam melakukan screning status imunisasi pada anak PAUD serta kesepakatan bersama tentang implementasi screning status imunisasi pada anak PAUD
Kegiatan ini terlaksana atas dukungan UNICEF melalui organisasi IAKMI (Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bima, Fahrurahman, SE.M.Si. Melalui Kabid P2P, Alamsyah, SKM menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan acara ini, khususnya kepada UNICEF dan IAKMI yang telah memberikan dukungan penuh sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik.

Imunisasi merupakan salah satu upaya pencegahan penyakit yang paling efektif dan efisien. Namun, kita masih menghadapi tantangan dalam memastikan bahwa setiap anak mendapatkan imunisasi lengkap sesuai jadwal. Oleh karena itu, kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini memiliki peran yang sangat penting papar Almasyah.

Alamsyah berharap seluruh peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh dan aktif berdiskusi, sehingga ilmu yang didapat dapat diimplementasikan dengan baik di lapangan. Mari kita bersama-sama bekerja untuk meningkatkan cakupan imunisasi di Kabupaten Bima, demi mewujudkan generasi yang sehat dan berkualitas.

Cahyadin Mustamin, MPH , perwakilan Unicef wilayah NTB menekankan pentingnya pemberian imunisasi lengkap bagi anak-anak indonesia, sebagaimana yang telah ditetapkan dalam SK Bersama 4 menteri tentang imunisasi, pemberian Vaksinasi lengkap adalah langkah krusial dalam melindungi kesehatan anak anak kita.
Imunisasi harus dilengkapi sebelum anak memasuki usia sekolah dasar, ini bukan hanya kewajiabn, tetapi juga bentuk perlindungan terbaik yang dapat kita berikan kepada anak-anak kita.
Untuk memudahkan pemantauan dan pengelolaan data imunisasi, seluruh informasi akan di input dan dapat diakses melalui aplikasi Sistem Informasi Kesehatan (ASIK), ini untuk memastikan bahwa catatan imunisasi anak selalu terbarui dan mudah diakses oleh tenaga kesehatan maupun orang tua papar Cahyadin.

Dibagian lain Ketua IAKMI Provinsi NTB , Muhamad Abdullah, SKM, MQIH menyampaikan bahwa  pelatihan skrining ini dilaksanakan agar guru paud BS mendata siswa/siswi didiknya yg blm Lengkap  imunisasinya dan bisa langsung diberikan secara lengkap  oleh petugas Puskesmas maupun Kabupaten, dan akan didampingi  sampai ke sekolah. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para petugas imunisasi dan guru PAUD dapat lebih efektif dalam melakukan skrining status imunisasi, sehingga dapat meningkatkan cakupan imunisasi pada anak-anak usia dini di Kabupaten Bima.(PB.****)

COMMENTS

Nama

Artikel,1,Bansos,4,Bhakti Sosial,2,Bima,98,Corona,73,dompu,9,Editorial,1,Ekbis,4,Featured,20,Galeri Foto,1,Hukrim,42,Kebijakan,1,Kelautan,1,Kepolisian,21,Kesehatan,14,Khazanah,12,Kota Bima,15,KPU,2,Lingkungan,1,Lombok,5,Mataram,52,Nasional,3,Opini,4,Pangan,2,Pelayanan Publik,1,Pemerintahan,1,Pendidikan,10,Peristiwa,22,Politik,9,Proyek DAK,1,Regional,1,Sains,1,Sosbud,1,Sport,1,Sumbawa,8,Vaksinasi,5,
ltr
item
Pilar Bima: Sosialisasi dan Pelatihan Skrining Status Imunisasi bagi Petugas Imunisasi dan Guru PAUD
Sosialisasi dan Pelatihan Skrining Status Imunisasi bagi Petugas Imunisasi dan Guru PAUD
https://lh3.googleusercontent.com/-hreSs2RUm70/ZvXZ9EVMIDI/AAAAAAAAG48/pYg1X8Fhev0N-8xbRzu-RvDUelr4h2tngCNcBGAsYHQ/s1600/IMG_20240927_055927.jpg
https://lh3.googleusercontent.com/-hreSs2RUm70/ZvXZ9EVMIDI/AAAAAAAAG48/pYg1X8Fhev0N-8xbRzu-RvDUelr4h2tngCNcBGAsYHQ/s72-c/IMG_20240927_055927.jpg
Pilar Bima
https://www.pilarbima.com/2024/09/sosialisasi-dan-pelatihan-skrining.html
https://www.pilarbima.com/
https://www.pilarbima.com/
https://www.pilarbima.com/2024/09/sosialisasi-dan-pelatihan-skrining.html
true
4228213616481737203
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content