Coahing Pendidikan, Teknik Intervensi Pendidik Mewujudkan Pelajar Pancasila

Penulis : Mulyadi, S. Pd., M.Pd.

CGP. Angkata I Kab. Bima - SMP Negeri 2 Bolo

Guru Penggerak sebagai pemimpin pembelajaran (Instructionl Leadership), berperan penting dalam menumbuh kembangkan murid secara holistik, aktif dan proaktif mengembangkan guru disekitarnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada murid (Students’ Centre) serta menjadi model dan agen informasi untuk mewujudkan medeka belajar.

Pendidik berkewajiban memahami konsep pendidikan dengan benar.  Ki Hadjar Dewantara memandang bahwa anak itu dilahirkan dengan bakat masing-masing yang sudah di bawa sejak lahir, mengibaratkan anak itu seperti bibit tumbuhan, dimana ia akan bertumbuh dengan baik jika mendapatkan perawatan, air, pupuk dan tempat yang subur. Karena itu,  pendidik  menjadi penuntun untuk anak-anak, mengarahkan anak ke jalan yang benar. Bibit anak yang sudah baik akan menjadi lebih baik lagi dibawah tuntunan para pendidik sejati. 

Dalam praktek pengajaran, pendidik harus “menghamba” kepada anak didiknya. Maksudnya maksudnya adalah bahwa pendidik harus menjadikan anak sebagai subjek pendidikan dan pembalajaran, apa yang dilakukan oleh seyogyanya murni untuk perkembangan anak seutuhnya. 

Ki Hadjar Dewantara mengatakan bahwa kemerdekaan merupakan syarat dan juga tujuan pendidikan. Pendidikan bukanlah sebuah paksaan dan siswa perlu mendapatkan kemerdekaan untuk mempelajari obyek yang dianggapnya penting. Oleh karena itu sistem pendidikan harus menjadi sebuah sistem yang bermanfaat bagi pembangunan karakter bangsa Indonesia.

Salah satu keterampilan yang di butuhkan dalam proses belajar dan pembelajaran adalah keterampilan coaching. Coaching diperlukan karena murid adalah sosok merdeka. Sosok yang dapat menentukan arah dan tujuan pembelajarannya, serta meningkatkan potensinya sendiri. Mereka hanya memerlukan dorongan dan arahan dari pendidik sebagai pemimpin pembelajaran untuk meningkatkan potensinya masing-masing. Dengan keterampilan coaching, harapan murid lebih terarah dan dapat menyelesaikan masalahnya sendiri yang pada akhirnya dapat muwujudkan cita-citanya. 

Tulisan ini mengandung keempat komponen dalam kerangka 4P (4F):

Peristiwa (Fact), Coaching pendidikan  tidak hanya dilakukan untuk menemukan apa yang diinginkan, aka tetapi juga sebagai sumber dalam mengeksplorasi konsep, pemikiran dan strategi yang dimiliki oleh subyek dalam meningkatkan kompetensi. 


pemikiran dan strategi yang dimiliki oleh subyek dalam meningkatkan kompetensi. Istilah coach dalam dunia olahraga (sport), mendefinikan someone in charge of training an athlete or a team”. Sedangkan dalam dalam kamus Bahasa Inggris mendefinisikan coach, a person who gives private instruction (as in singing, acting, etc.). Coaching dapat diartikan sebagai proses  memperoleh informasi dan menerapkan informasin tersebut untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas subyek. Coachee, merupakan subyek coaching, atau informan.

Perasaan (Feeling), Sebuah institusi atau organisasi bisa berjalan dengan baik dan kuat dalam menjalankan roda organisasi apabila bisa melaksanakan coching dengan baik. Program coaching memberi kesempatan kepada setiap subyek untuk sukses dalam mendaki karir yang lebih tinggi (Kinerja organisasi). Di samping itu juga membantu organisasi meningkatkan talenta-talenta terbaik dan mempertahankannya dalam jangka panjang.

Pembelajaran (Findings), Pertama, Coaching memfasilitasi murid dalam mengeksplor semua kebutuhannya, memberikan mereka motivasi, keinginan, skills, dan proses berpikir. Serta meningkatkan berkomitmen untuk bertindak dan mengembangkan perubahan jangka panjang. Jika program ini dilakukan secara rutin, dapat juga meningkatkan kompetensi dan mengembangkan skills baru yang lebih spesifik. Kedua, meningkatkan kepuasan kerja (pembelajaran), meningkatnya keterampilan setiap murid, pemikiran yang lebih strategis dan keterampilan analitis. Bahkan ada juga keuntungan yang diperoleh untuk mengembangkan profesionalisme dan nilai diri. Ketiga, mengasah kemampuan berkomunikasi kita. Antara kita dan murid mungkin tidak berkomunikasi dengan cara yang sama. Mau tidak mau pendidik harus menemukan cara berkomunikasi lebih efektif saat menjalani coaching.

Pembelajaran Kedepan (Future), peningkatan kapasitas coach untuk menggali dan menemukan informasi yang dibutuhkan memerlukan specifik skill. Bagaimana meramu pertanyaan-pertanyaan yang spesifik, berusaha masuk kedalam ’dunia coachee’, serta menemukan kata kunci selama coaching berlangsung.

Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat, aamiin...

COMMENTS

Nama

Artikel,1,Bansos,4,Bhakti Sosial,2,Bima,98,Corona,73,dompu,9,Editorial,1,Ekbis,4,Featured,20,Galeri Foto,1,Hukrim,42,Kebijakan,1,Kelautan,1,Kepolisian,21,Kesehatan,14,Khazanah,12,Kota Bima,15,KPU,2,Lingkungan,1,Lombok,5,Mataram,52,Nasional,3,Opini,4,Pangan,2,Pelayanan Publik,1,Pemerintahan,1,Pendidikan,10,Peristiwa,22,Politik,9,Proyek DAK,1,Regional,1,Sains,1,Sosbud,1,Sport,1,Sumbawa,8,Vaksinasi,5,
ltr
item
Pilar Bima: Coahing Pendidikan, Teknik Intervensi Pendidik Mewujudkan Pelajar Pancasila
Coahing Pendidikan, Teknik Intervensi Pendidik Mewujudkan Pelajar Pancasila
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEggW5x5cyGKWt_DLAyOLaHAVIed1j04F1Y8UeZQgzwz0QZwnhWWjQWUDcfDSUJ1YDT6AT0OU2nczsEz3edUj5mvdsGCoBN5bUMEQLs6W7nKJJHC6JJfNXDTMPzpuXsh6KuMGgCVwl4WWjU/w640-h588/IMG-20210608-WA0002.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEggW5x5cyGKWt_DLAyOLaHAVIed1j04F1Y8UeZQgzwz0QZwnhWWjQWUDcfDSUJ1YDT6AT0OU2nczsEz3edUj5mvdsGCoBN5bUMEQLs6W7nKJJHC6JJfNXDTMPzpuXsh6KuMGgCVwl4WWjU/s72-w640-c-h588/IMG-20210608-WA0002.jpg
Pilar Bima
https://www.pilarbima.com/2021/06/coahing-pendidikan-teknik-intervensi.html
https://www.pilarbima.com/
https://www.pilarbima.com/
https://www.pilarbima.com/2021/06/coahing-pendidikan-teknik-intervensi.html
true
4228213616481737203
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content